RSS

Proyeksi perspektif 2 titik hilang

23 May

1. Tentukan dahulu TP (titik pandang) yang diletakkan sedemikian rupa sehingga garis pandang merupakan jarak terdekat mata terhadap bendanya
2. Tentukan bidang frontal, salah satu bidang yang sejajar dengan garis horizontal

3. Tentukan sumbu koordinat benda dan dari TP ditarik garis-garis sejajar dengan sumbu koordinat tersebut yang memotong bidang frontal di titik T1 dan T2
4. Tentukan garis lantai/nol/tanah serta garis horizon/cakrawala yang berada di atas garis lantai dengan jarak tertentu.

5. Proyeksikan secara vertikal titik-titik T1 dan T2 ke garis horizon akan didapat titik-titik hilang

6. Gambarkan penampang perpotongan benda dengan bidang frontal dengan bentuk dan ukuran yang sesuai sebenarnya serta dasarnya tepat pada garis lantai.
7. Tarik garis-garis proyeksi dari titik hilang ke titik-titik sudut penampang benda yang frontal tersebut, akan tergambar bidang-bidang depan benda tersebut.
8. Untuk menggambarkan setiap titik dari benda tersebut didapat dengan cara menghubungkan titik-titik tersebut ke TP yang memotong atau dipotongkan ke bidang frontal dan dari titik-titik potong ini ditarik garis-garis vertikal yang memotong garis-garis proyeksi yang bersangkutan sehingga terbentuk garis-garis atau titik-titik bendanya.

sumber : Menggambar Struktur Bangunan. Julistiono. Grasindo. Jakarta

yang lainnya nih, proyeksi perspektif 1 titik hilang n proyeksi perspektif 3 titik hilang

 
26 Comments

Posted by on May 23, 2008 in mikir dikit ajah

 

Tags: ,

26 responses to “Proyeksi perspektif 2 titik hilang

  1. senteleng gonjet

    May 26, 2008 at 1:07 pm

    gile apaan nih… ga ngarti…

    nyerah dah………..

     
  2. kutchluk

    June 2, 2008 at 12:29 pm

    die aja ngak ngerti apa lagi gw.😀 hohohoho.

     
  3. vieca

    June 3, 2008 at 3:30 pm

    yeah… sebenernya seh…gue juga gak ngarti…hehehe…😛

     
  4. Prasetya

    September 18, 2008 at 6:15 am

    Ini dia yang gua cari… he he he.
    Bukannya males buat materi anak-anak… tapi gak ada waktu aja. Thanks ya…

     
  5. vie2

    October 10, 2008 at 4:12 pm

    sami-sami…. moga2 bermanfaat🙂

     
  6. RIA

    December 4, 2008 at 9:37 am

    thanks bermanfaat kok

    Alhamdulillah, senengnya kalo bisa dipake m orang lain🙂

     
  7. cahya

    December 31, 2008 at 6:06 am

    wah jadi inget masa lalu euy…ngajarin siswa belajar perspektif ampe sore….thank

    wew…semangat banget nih ngajarinnya ^^

     
  8. arief

    January 9, 2009 at 8:41 am

    ni dia yang gw cari…
    tahnks ye..

    ye same-same🙂

     
  9. kacang

    January 22, 2009 at 3:48 am

    eye….ketemu dah yg gwe care…5kase pakdhe

     
    • vie2

      January 26, 2009 at 11:48 am

      sama-sama ^^ *mewakili pakdhe*

       
  10. lalaaaa

    February 28, 2009 at 1:35 pm

    wew..btul” ng nerti dah gw
    wkakwaka

    yahhh… maap deh kalo gitu :p

     
  11. ivent

    May 9, 2009 at 12:31 pm

    aq dikasi tgs gmbr pers 2 ttk hilang,tp lom bisa…ajari dund

     
    • vie2

      May 11, 2009 at 1:51 am

      cobain aja itu langkah2nya
      sebenernya gak bisa juga sih
      cuma pernah belajar dikit banget :p

       
  12. marsha ciquita

    October 28, 2009 at 7:05 am

    thanks a lot.. sama kayak apa yang diajarin dosenku.. hehe

     
    • vie2

      October 30, 2009 at 10:27 am

      hehe… ^^

       
  13. ady

    December 7, 2009 at 2:28 pm

    duh ga ngerti nih….bingung….tlng krimin cara2nya ke email aq ya….thx

     
    • vie2

      December 8, 2009 at 10:41 pm

      duh jadi ikutan bingung… caranya ya sama begitu juga om…
      atau beli aja bukunya, di toko buku emang jarang, tapi di daerah senen masih banyak…

       
  14. vQ

    December 19, 2009 at 2:42 pm

    ngerti dkid2.. diajarin di kampus. hmm

     
    • vie2

      December 20, 2009 at 11:47 am

      🙂

       
  15. diki

    November 2, 2010 at 10:17 pm

    alhmdllh ketemu tgas,a

    tp sya maw nanya…..
    klo bidang frontal,a d atas g mna gmbr,a….
    mhon jwb,a……..

     
    • vie2

      November 3, 2010 at 11:09 am

      alhamdulillah kalo ketemu…
      tapi ogut juga gak tau nih yang ente tanyain, coba deh cari buku sumber yg ogut cantumin tuh,.. dulu ketemunya di senen,.. moga2 ketemu… ^^

       
  16. ani

    December 5, 2010 at 10:43 am

    duhhh sumpah ribet sangat,owhh

     
  17. anton

    December 5, 2011 at 4:52 pm

    GUE JA GAK NGERTI …

     
  18. AMZMA

    December 14, 2011 at 1:20 pm

    lumayan dapat pencerahan saat final😀

    lanjut gambar lagi

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: