RSS

Seminggu di purwakarta (betah amet)

13 Oct

Alhamdulillah, pergi dan pulang dengan selamat sampai di tujuan🙂

mudik kali ini adalah mudik terlama buat gue n orang serumah, seminggu di kampung nungguin tukang bikin bak mandi buat kambing-kambingnya papah, kambing butuh mandi juga😉

hari pertama lebaran – 1 syawal 1429 H

malemnya takbiran di masjid fathullah bareng ma sepupu-sepupu cilik, n harus bikin obor sendiri karena kita dateng terakhir, karena gue yang paling tua (bukan paling gede, karena sepupu cilik ku ada yang lebih gede) jadi gue deh yang nyiapin obor.

paginya sholat id di lapangan kampung utan, abis sholat langsung makan di rumah mbah, sejak beberapa tahun belakangan ini si mamah emang gak pernah masak pas lebaran eid fitri.

“kita makan di rumah mbah aja, sekalian nemenin mbah yang sendirian” kata mamah pas gue, aang n papah protes krn gak ada ketupat dan lainnya.

selesai makan, nyekar ke makam mbah kakung n le’ oji, trus ngumpul di rumah kakaknya mbah di depok, malemnya baru deh, kita ber-4 berangkat k purwakarta, tepatnya di desa darangdan

dan… perjalan seminggu kami dimulai tepat jam 8. kebiasaan gue tiap pergi jauh n nginep, pasti ada aja yang ketinggalan, dari pertama mobil keluar rumah persaan ada yang ketinggalan tapi apan ya… ah cuma persaan doang kali…

di tol si aang yang nyupir ngeluh mulu katanya ni mobil miring sebelah, “keberatan bagasinya kali” kata aang. pas aang nanyain bawa apaan aja, gue langsung keingetan foto papah n sodara-sodaranya ber-9, yang udah dibingkai buat dibagi-bagiin.

“foto yang berbingkai-bingkai itu ditaro di mana?!” tanya gue ke seisi mobil, karena gak ada yang langsung jawab, jelas deh kalo yang ketinggalan itu 9 foto berbingkai itu…

langsung deh pada main salah-salahan… mamah nyalahin gue yang gak prepare baik-baik, papah nyalahin mamah yang mindahin  foto ke dalem kamar jadi jauh dari jangkauan pengelihatan :p

terpaksa deh balik lagi, hadooo….udah nyampe bekasi tuh, kudu balik lagi ke ciputat demi 9 foto berbingkai itu………..

nyampe rumah, papah n mamah nyempetin poo dulu, buang emosi kali ya hehehe… karena aang males nyupir bolak-balik, jadinya gue deh yang jadi supir. berangkat lagi dari ciputat jam 9, berkat peraturan truk dilarang masuk tol, nyampe jam 10.30 n langsung berhenti di cianting buat makan sate marangi

hari kamis – 2 Syawal 1429H

keluarga besar aki djuhana ngumpul di rumah yang masih pake kayu buat lantai n dindingnya, kalo dikira-kira keluarga besar dari papah udah lebih dari 100 orang, gue aja udah punya cucu loh… jadi keluarga aki djuhana udah 5 generasi, fiuh….kalo mbah cip baru 3 generasi

di hari pertama gue di kampung, jari kaki kanan gue keseleo gara-gara nabrak meja…. tadinya gue pikir cuma sakit dikit, pas gue liat jari manis gue mencong pindah posisi, beneran pindah posisi…  yang lain kompak lurus, die sendiri mencong ke kanan…. oh nooooo….. pas gue lurusin bunyi krekkk… huaa…

haduh…. langsung kebayang seminggu yang membosankan, karena gue harus keliling kampung dengan terpincang-pincang… aduh gak keren banget sih

karena keseleo itu gue baru menyadari nikmatnya 1 jari kaki, yang jarang banget gue perhatiin -gak doyan meni pedi sih- karena 1 jari yang pindah posisi, bikin timpang sebelah badan gue. “itu nikmat yang selalu terlewat” kata mamah sok nasehatin gue…

langsung lah diurut, yang ngurut dipanggilnya emih, pas die mijit yang bagian sakit bangeeeettt… die bilang “ini nih neng yang intinya” ya iya lah…. lah wong gue udah jejeritan kesakitan…

eh… ada satu kegembiraan besar hari ini, cucunya emak oneh lahir hari ini, dan Subhanallah ngelahirinnya masih di rumahnya loh, diajakin sih ngeliat pas baru banget lahir, katanya bayinya baru dibersihin, wew… antara penasaran n geleh liat darah-darah,… gue memilih besok aja deh ngeliat adek bayi itu…
adek bayi, gak tau namanya siapa, coz ampe kita pulang, emaknya masih bingung 😐

hari jumat – 3 Syawal 1429H

ikut mamah nyari bunga buat ditanem di kebon n sekeliling kandang kambing, “biar orang gak bete kalo liat kambing” kata mamah pas gue n aang ngetawain, kandang kambing aja pake dipermanis…hehehe….

nyari bunga ke wanayasa, dapet banyak juga bunga kertas, tapi…mamah ini kalo belanja yang disukai tuh gak kira-kira, lah wong naik mobil sedan, beli bunga kertas yang berduri-duri banyak banget, serasa bawa mobil bak kali…ampe bagasi gak bisa ditutup n gue juga masih harus memangku bunga yang gak muat dibelakang

mamah nyiramin bunga-bunga buruannya

hari sabtu – 4 Syawal 1429H

hari ini agendanya nganterin aang baslik ke kosannya, katanya sih banyak tugas n mau benerin motor… tapi pirasat -pake p- gue mengatakan aang orang yang paling gak betah di kampung… hehehe…

yang ikut nganterin, gue, mamah, papah, bi nunung, aspi n firda, fiuh…penuh tuh mobil. pulang dari kosan aang pada laper, mampir di kedai mangga. sempet ada insiden kecil tepat pas gue ngambil gurame goreng kering yang posisi digorengnya bikin… aduhhh haiii….

gara2 gelas bi nunung yang ngaco posisinya, tangan gue yang ngambil gurame, nyikut tuh gelas n… jatoh n… pecah n… jus mangga belepotan di celana gue n… ko di tangan ada darah?! n… gurame serasa gak menggiurkan lageee…

hari minggu – 5 Syawal 1429H

gak ke mana-mana… di saung aja, coz papah ngawasin orang bikin bak buat mandiin kambing

makan siang di saung trus tiap ada angin dari atas, bau-bauan kambing langsung merangsek ngalahin sambel terasi bi nunung, wekss…


nah… ini saluran airnya buat si kambing mandi, dalem aja nimbunnya….

hari senin – 6 Syawal 1429H

nemenin mamah minta kembang di tukang bakso artomoro, awalnya sih jajan bakso dulu gue, mamah, bi nunung n aspi, padahal mamah paling anti m bakso apalagi ampe harus nraktir, tapi katanya…demi sepotong ranting bunga kertas, mamah rela nraktir kita-kita makan bakso, hehehe…

hari selasa – 7 Syawal 1429H

gak kemana-mana…

udah gak banyak makan lagi, perut begaaa….banget, abis kalo di sini gak bisa poo harus di rumah sendiri. minum kelapa muda lagi, selama di sini puas-puasin minum kelapa langsung dari pohonnya


hihihi… papah gak bisa manjat, bantuin ngangkut kelapanya aja😉

hari rabu – 8 Syawal 1429H

pulangggg……horeeee…^^

tapi pulangnya juga malem, coz papah masih nungguin bak, lama amet ya selesainya…. akhirnya pulang jam 7 malem. pas mau masuk tol kita makan dulu di sambel hejo (sambel hijau) wuiihhh….kayanya manteb neh, makan ayam kampung pake sambel ijo…

eits tapi ternyata,…sambel ijonya ternyata gak pedes des…manis asem aja, ternyata cabe ijonya kalah m tomat ijonya, adooohh…. si mamah ampe minta cabe rawit lagi, abis gak berasa blasss….

pulangnya gue lagi deh yang nyupir, mamah n papah kompak tidur… nah karena ditinggal tidur, gue gak liat deh arah keluar pintu tol p.indah, jadinya bablas ampe ke pondok gede….hehehe….

 
Leave a comment

Posted by on October 13, 2008 in Jalan-jalan yuks

 

Tags: ,

Leave a Reply

 
