RSS

Tag Archives: asi

Indah pada waktunya

cieee….. apaan sih yang indah 😉

Alhamdulillah gak berasa tanggal 20 bulan ini obi udah 20 bulan sama kaya om aang n pacarnya, sekarang udah gak mompa lagi di sekolah, di rumah juga gak punya asip lagi, sedih? pasti, nyesel? sedikit, seandainya aja gak ada panggilan prajab, eh gak jadi nyesel deh kalo gak dipanggil prajab gak turun juga status 100persen yang ditunggu-tunggu itu

Selama ditinggal ke sekolah, obi di rumah biasanya minumnya campur-campur, kadang sufor rasain luh bun, sule a.k.a susu kedelai, sama UHT. aku sendiri gak maksain obi harus minum susu sering-sering karena kan dia udah mulai banyak variasi makannya, jadi aku gak khawatir obi kekurangan gizi.

kadang aku suka bikin susu coklat dingin, keseringan susunya diminum berdua sama obi, sampe berebutan gitu lagi, aku masih minum obi udah gak sabaran mau minum juga, haha 😆 yang aku perhatiin obi lebih suka makanan dan minuman yang adem dan agak dingin, gak suka yang anget-anget gitu, alhamdulillah jadi gak susah kalo pergi-pergi kan 😉

eh ini sebenernya mau cerita apaan sih, judul sama isi gak nyambung blass

indah pada waktunya….hmmmm…intinya sih mau bilang dulu tuh masa-masa mompa asi tuh rasanya beraaaaatttt banget, yang pertama nyusuin ampe lecet bikin tambah males mompa karena pastinya tambah sakit, yang udah sakit-sakit mompa tapi dapetnya cuma 50ml dari total 2pd, yang repot ke sekolah manggul tas laptop n nenteng cooler bag, yang ribet bolak-balik ke ruang hotspot untuk mompa terus ke dapur untuk cuci pompaan, yang kejar-kejaran mompa asi hari ini untuk diminum Obi besoknya, memperjuangkan asi untuk minimal 1 tahun sumpah berat banget buat aku

dan yang paling berat buat aku ninggalin obi prajab ketika obi baru menginjak 3 bulan selama 2 minggu, Alhamdulillah aku dikasih kemudahan, mungkin rezekinya Obi ya Allah maha tau, biasanya orang-orang tuh dapet panggilang prajab cuma 1 hari sebelumnya, bayangin aja dong mesti siapin persyaratan ngikutin prajab cuma seharian, aku yang ada bingung duluan kali mau ngerjain apaan dulu.

Alhamdulillah sekali aku tau kabar akan ikut prajab 2 minggu sebelumnya, jadi aku sempet banget nyiapin persiapan prajab dan peralatan tempur buat mompa di tempat prajab nanti, mulai dari cari2 sterilizer portable yang kecil ampe beli kulkas kecil, wakwaaaawww!!! yoi neh beli kulkas kecil, dan senengnya di tempat prajab kulkas itu nampung asip-asip dari temen-temen yang masih nyusuin, rata-rata anaknya seumuran sama obi. sempet kena mastitis dua kali, ampe gak ikut materi sekali Alhamdulillah banget masih bisa lulus dengan predikat Baik Sekali 😀

sampe rumah Obi ternyata lupa sama aku, huahhhhh 😥 sempet 2 minggu obi gak mau nen langsung m aku, mana Obi juga tiba-tiba buang-buang air, aku ngerti banget kalo dimimiin asi bisa cepet sembuh, tapi Obi nya gak mau nen langsung, langsung asi ngedrop se-ngedrop-ngedropnya, huahhhh kaya lingkaran setan gak berujung

tapi kalo sekarang lagi mengingat masa-masa prajab itu, aku jadi suka senyum-senyum sendiri, gak nyangka obi masih bisa full asi biarpun misah 2 minggu, n lanjut ampe Obi setahun biarpun semenjak prajab mompa asi kejar tayang

daaannnnn… yang paling bikin seneng, aku berhasil nularin semangat asi ke temen kerja di sekolah, yipiiieeee !!! 🙂 sekarang ada 2 guru yang punya bayi dan mereka masih rutin mompa dan memerah asi (yang satu pake pompa yang satu pake tangan)

biarpun di sekolahku tercinta ini belom ada nursing room -padahal banyak juga yang punya bayi- yang lengkap dengan peralatan menunjang aktifitas mompa, ternyata gak memudarkan semangat para ibu-ibu menyusui untuk terus ngasih full asi ke anak-anaknya, semangat bu Ellis dan bu Femmy, silmi dan kamil pasti seneng biarpun bundanya kerja tapi tetep nyediain asip untuk dimimi 🙂

ntar kalo ada adeknya obi -amin insyaallah- mau lebih rajin lagi ah nyetok asipnya, biar bisa puolll ampe 2 tahun, tapi kapan ya adenya obi datang…?? 😉

nb: setelah aku baca ulang kayanya gak nyambung amet ini judul sama isi postingannya, bodo ahh… hehe :p

 
3 Comments

Posted by on December 8, 2011 in di sekitarku, iseng ajah, Renungan

 

Tags: , ,

Ujian = Kemampuan

Beberapa bulan yang lalu semangat banget bagi-bagi cerita ke temen yang baru melahirkan, tentang seluk beluk asip (air susu ibu perah) dan manajemennya. tapi pas temenku itu udah mulai masuk kerja doi cerita ternyata anaknya gak jadi dikasih asip kalau doi pergi kerja,.. alasannya apa?! banyak dong pastinya… (yang diceritain ke aku sih banyak) salah satunya gak punya kulkas dan gak punya banyak waktu luang untuk mompa…

hmmm… sampai di situ aku masih okee…kalo menurut lo emang gak bisa buat lo ya udah, bukan masalah buat aku tokhhh…

“kalo lo kan enak vi masih tinggal sama ortu bisa nitip asip di kulkas nyokap terus pns di sekolah pulak, kan waktunya lebih santai, bisa kapan aja ngumpet buat mompa asi… ” alasan lanjutnannya….

aku yang awalnya gak mo komentar lanjut karena takut menyinggung, jadi kepancing juga pas doi ngutarain kalimat terakhir tadi,.. huffthhhh..masih gak sabaran ternyata…

kayanya kalo diitung-itung lebih murah beli kulkas deh dari pada beli sufor… sekarang bisa kali beli kulkas dicicil, sebulan 250ribu-an. coba bandingin sama beli sufor yang seminggu ngabisin 1 kaleng besar harga hampir 250ribu-an,.. lebih murah beli kulkas toh! kulkas bisa kepake sampe bertahun-tahun, bahkan sampe insyaallah lo punya rumah sendiri gak ngontrak lagi..

gak bisa merah pake tangan?! beli pompa aja… mahal?! beli yang manual aja dong, aku juga pake manual.. masih mahal?! emang sih, tapi dibandingin sama beli sufor masih jaaauuuuhhhh….lebih mahal,.. hohoho…sumpah ini bukan itung-itungan ngasal aku,.. tapi dari sharing temen yang anaknya full sufor, seminggu kira2 habis 1 kaleng besar yang harganya hampir 250 ribu (sufor yg mahal emang) jadi sebulan kurang lebih 1 juta rupiah wajib disiapin buat beli sufor,.. setahun jadinya 12 juta rupiah untuk sufor aja… mending infestasi di kulkas (udah pasti kepake lama) pompa asi dan asesorisnya…

kalo untuk susah cari waktu buat mompa, pasti sebenernya bisa deh diusahain demi memenuhi hak buah hati di rumah akan ASI.. gak sedikit ko working mom yang aku kenal lewat blog-blog, yang kerja di swasta, bahkan di bank BI, dan mereka masih bisa curi-curi waktu untuk mompa asi,.. ada yang bisa mompa hanya dengan 10menit demi memenuhi kebutuhan asi si kecil tanpa harus lama-lama meninggalkan meja kerja,.. kalo udah niat dan ada kemauan besar pasti bisa,.. gak ada usaha yang sia-sia

emang sih tempat kerja aku santai, bisa meluangkan waktu untuk mompa asi lebih dari 10menit,.. tapi mungkin emang kemampuan aku ya cuma segitu,.. jadinya sama Allah SWT aku ditempatin di tempat kerja aku sekarang ini,.. mungkin Dia tau kalo aku kerja di swasta, aku gak bisa memenuhi kebutuhan asi obi, jadi mungkin Dia memutuskan kalo aku lebih baik kerja di tempat ku sekarang ini..

Allah tidak akan menguji seseorang melebihi kemampuannya kan?! jadi mungkin para working mom yang kerja di swasta kemampuannya jauh di atas aku, sehingga mampu ngeluangin waktu untuk mompa asi biarpun susah cari waktu luang,..sedang aku yang kerja di tempat sekarang, mungkin emang kemampuannya cuma bisa di sini aja…

kemaren aku baca komen di fb smartparenting, asi satu-satunya susu untuk bayi manusia, baik SAHM (stay at home mom) ataupun WM, apalagi yang WM udah fisiknya gak selalu ada nemenin si bayi, masa asinya gak bisa diusahakan untuk menemani setiap saat tumbuh kembangnya…

asi mutlak hak seorang anak yang baru lahir,.. jangan bikin alasan ini-itu yang bikin hak anak jadi gak terpenuhi,..!!

ps: postingan kesel ini buat wm yang dianugerahi asi tapi memilih sufor untuk buah hati tercintanya…

 
Leave a comment

Posted by on March 8, 2011 in di sekitarku, iseng ajah

 

Tags:

Fight for it….

nyambung dari “pengakuan dosa” yang lalu,.. sejujurnya masih radaaa… “heeehhh masa gak bisa diusahain sih” kalo denger alasan dari ibu yang gak mau usaha nyusuin anaknya…

kenapa aku bisa bilang gak mau usaha nyusuin?!… (maaf banget sebelumnya, bukan mau men-judge bunda2 yang babynya terpaksa campur sufor,.. ) karna sebenernya bisa menghasilkan asi tapi memilih sufor untuk alasan yang untuk sebagian orang bisa ko dijalani n bisa juga diatasi…

  • case 1 : bunda ini doyan banget makan yang pedes2,.. biarpun putrinya lahir di usia kandungan 7 bulan, beliau gak memberikan asi dengan alasan gak bisa makan kalo gak ada sambal balado yang nendang-aduhai-bombastis, jadi beliau memilih tidak menyusui dari pada dirinya gak makan pake sambal *tepokjidat*
  • case 2: bunda ini dalam sehari bisa pompa asi sampe hampir 1L,.. woooowwww…. sumpah ngiri abwess pas doi cerita hasil pumpingnya lewat chating… lewat chating pula doi nanya2 persiapan pumping asi di kantor berikut perlatan perangnya,.. beberapa minggu kemudian pas aku nanya, “gimana pumping di kantor, seru ga?!” ternyata dirinya gak lagi mompa karna alasan susah ngetur waktu n susah untuk disiplin mompa, walhasil memompa asi hanya dilakukan malam hari ketika baby tidur, krn doi juga capek, jadi jadwal pumping malam pun kerap absen,.. dan jadilah produksi asi menurun hingga akhirnya blassss… baby minum sufor full

yak cukup… segitu aja ceritanya… miris aja deh denger ceritanya, sementara banyak bunda yang berjuang demi menyusui anaknya, ada yang nipple ampe belah n berdarah-darah sampe ada yang operasi payudara karena mastitis berat, tapi masih terus berusaha untuk kasih asi, eh di sisi lain ada bunda yang diberkahi asi, tapi malah memilih sufor karena alasan gak mau pantang makanan dan kerjaan…

aku lupa baca dimana (kebanyakan blogwalking) si empunya blog  nulis, kita boleh bekerja melanglang buana, tapi hak anak harus tetap diberikan… SETUJUUU….

dan aku juga percaya kalau semua masalah itu pasti ada jalan keluarnya, sesulit apapun itu pasti ada jalan keluarnya,.. tergantung kita, mau milih jalan yang mudah, atau jalan yang sedikit menanjak n memerlukan perjuangan lebih.

kalau udah berusaha tapi tetep asi gak mencukupi, ya baru deh milih jalan yang lain, kan kita manusia hanya bisa berusaha, ujung2nya tetep yang maha kuasa yang menentukan…

ps: minggu in hasil pumping mendadak nge-drop… T_T semoga minggu depan bisa pulih…

 
Leave a comment

Posted by on December 23, 2010 in di sekitarku, iseng ajah

 

Tags: ,